Breaking News
Loading...
Minggu, 21 Maret 2010

Indonesia Resmi Tersingkir


AMBIL SIKAP. Presiden FIFA Sepp Blatter menyampaikan laporan persiapan tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022 di Zurich, Swiss, Sabtu, 20 Maret. (FOTO ARND WIEGMANN/REUTERS)
ZURICH -- Mimpi Indonesia untuk menjadi tuan rumah hajatan akbar Piala Dunia, harus dikubur dalam-dalam. Setidaknya hingga pelaksanaan Piala Dunia 2018 dan 2022. Pasalnya, federasi sepak bola dunia, FIFA, sudah menyatakan Indonesia tak lolos masuk daftar calon tuan rumah.

Tak adanya garansi keamanan dari pemerintah Indonesia menjadi alasan utama pencoretan pencalonan tersebut. Hingga batas waktu yang diberikan kepada setiap negara pada Desember 2009 lalu, PSSI tak juga mampu memenuhinya. Sejak jauh hari, federasi sepak bola nasional tersebut memang sudah angkat tangan.

Pengumuman tersingkirnya Indonesia dibacakan oleh Sekretaris Umum FIFA, Jerome Valcke, Sabtu, 20 Maret. "Indonesia tak bisa menjadi kandidat Piala Dunia 2018 dan 2022," ungkapnya dalam pertemuan executive committee FIFA di Zurich, Swiss. "Tanpa garansi dari pemerintah, tak mungkin sebuah negara bersaing dalam pencalonan," lanjutnya.

Untuk Piala Dunia 2018, kandidat yang siap bersaing adalah Australia, Inggris, Jepang, Belanda/Belgia, Rusia, dan Spanyol/Portugal. Mereka juga siap bersaing untuk pemilihan tuan rumah 2022, yang akan dilengkapi oleh Amerika Serikat, Qatar, dan Korea Selatan.

Untuk sementara, Inggris dan Spanyol/Portugal menjadi kandidat utama tuan rumah 2018, sementara Amerika Serikat, tuan rumah 1994, paling berpeluang untuk tahun 2022.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Obrolan