Breaking News
Loading...
Senin, 25 Januari 2010

Mahasiswa Bandung Belum Pastikan Demo ke Jakarta

Bandung - Badan Eksekutif Mahasiswa Bandung Raya memastikan bakal ikut berunjuk rasa pada 28 Januari nanti, bertepatan dengan 100 hari pemerintahan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono. Namun, soal pergi ke Jakarta belum dipastikan.
"Masih tentatif," kata Koordinator BEM Bandung Raya Ahmad Fakhruddin Isfron di sela aksi unjuk rasa mahasiswa di depan Gedung Sate Bandung, Senin (25/1).

Dia beralasan, belum adanya kepastian itu karena pengalamannya dihadang polisi dulu saat hendak ke Jakarta bergabung dengan aksi massa saat pelantikan Presiden SBY-Boediono. Saat itu 500 mahasiswa dari Bandung gagal ke Jakarta.

Fakhruddin menuturkan, di Unpad misalnya, polisi menghadang mahasiswa di gerbang kampusnya di Jatinangor, melarang bus yang disewa ke Jakarta. Sejumlah pool bus yang hendak disewa batal menjemput karena ditelepon polisi. Satu-satunya rombongan yang lolos dari UPI. "Itu pun mereka beralasan mau jalan-jalan ke Ancol," katanya.

Pengalaman itu, paparnya, membuat para mahasiswa masih merahasiakan jadi tidaknya bergabung dengan aksi mahasiswa di Jakarta pada 28 Januari nanti. Jika jadi berangkat, tuturnya, ada dua lokasi yang jadi sasaran unjuk rasa, yakni KPK dan Istana Presiden.

Senin ini, BEM Bandung Raya menggelar aksi unjuk rasa menyoal 100 hari pemerintahan SBY-Boediono. Para mahasiswa menuding pemerintahan SBY-Boediono belum memberikan perubahan signifikan. Mereka mencontohkan program yang disusun di awal pemerintahan tidak menjawab keinginan masyarakat.

Mahasiswa mendesak agar kasus Century segera dituntaskan. Pansus DPR didesak segera keluarkan rekomendasi, KPK diminta segera menentukan pihak-pihak yang bertanggung jawab atas bail-out, serta Presiden didesak agar memberikan penjelasan tanpa perlu khawatir pemakzulan.
Dalam aksi itu mahasiswa mengacungkan plesetan poster film The Bank Job dengan gambar wajah pemainnya diubah dengan foto Boediono dan Sri Mulyani.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Obrolan