Breaking News
Loading...
Kamis, 14 Januari 2010

Ancaman Cuaca Ekstrim di Indonesia Mulai Besok

Kondisi cuaca ekstrim diperkirakan berlangsung selama 3 hari mulai Selasa (17/11) di wilayah Indonesia. Salah satu faktor dari kemungkinan terbentuknya kondisi ini adalah adanya aktivitas daerah tekanan rendah di Laut Cina Selatan dan perairan sebelah Utara Maluku membentuk daerah pumpunan awan. Pumpunan awan itu memanjang dari Laut Jawa, Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah.

Faktor lainnya adalah suhu muka laut di wilayah perairan Indonesia yang masih cukup hangat terutama sehingga masih memberikan suplai uap air yang cukup bagi wilayah – wilayah disekitaranya. Selain itu, kelembaban udara di sebagian besar wilayah Indonesia cukup besar mencapai hingga di atas 60 %.

Kondisi tersebut memungkinkan terbentuknya awan hujan terutama di wilayah Indonesia bagian barat, utara dan tengah. Aktivitas konvektif terkait dengan temperatur yang cukup tinggi pada siang hari yang merupakan aktivitas atmosfer berskala lokal memungkinkan terbentuknya awan konvektif yang berpotensi menimbulkan hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Wilayah yang berpotensi  hujan lebat disertai  petir dan angin kencang adalah pesisir barat Sumatera, pesisir timur Sumatera bagian utara, Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kep. Riau, Sumatera bagian selatan, Banten dan Jabodetabek, Jawa Barat. Potensi tersebut juga terdapat di Jawa Tengah bagian barat, utara dan selatan; sebagian besar Kalimantan; Sulawesi bagian utara, Sulawesi Tengah,  Sulawesi Selatan bagian utara dan barat, Maluku bagian utara dan tengah, serta Papua Barat dan Papua tengah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Obrolan