Breaking News
Loading...
Selasa, 20 April 2010

Tokoh-tokoh dunia tak akan hadiri pemakaman Presiden Polandia

Pemerintah Polandia mengatakan, pemakaman Presiden Lech Kaczynski akan jadi dilangsungkan hari Minggu seperti rencana semula.

Polandia tadinya mempertimbangkan untuk menunda pemakaman karena awan debu dari gunung berapi di Eslandia menyebabkan para pemimpin Eropa dan Presiden Amerika tidak bisa terbang ke Krakow.

Presiden Perancis Nicolas Sarkozy mengatakan tidak akan menghadiri pemakaman, setelah sebelumnya Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Amerika Barack Obama, Pangeran Charles dari Inggris, Perdana Menteri Kanada Stephen Harper dan pemimpin-pemimpun lainnya juga menyatakan tidak bisa hadir.

Sementara itu, hari Sabtu kemarin puluhan ribu orang berkumpul di Warsawa untuk upacara mengenang mendiang Presiden Lech Kaczynski dan 95 orang lainnya yang meninggal dalam kecelakaan pesawat seminggu yang lalu.

Kecelakaan itu dipandang sebagai tragedi paling buruk dalam sejarah Polandia masa damai.

Seminggu terakhir ini, orang-orang menaruh lilin di alun-alun dan daerah sekitar istana presiden, yang secara tradisional merupakan tanda pernyataan belasungkawa.

Lech Kaczynski --yang terpilih sebagai Presiden di tahun 2005-- dipandang di dalam maupun di luar negeri sebagai sosok yang menimbulkan perpecahan.

Akan tetapi kecelakaan ini dikatakan telah mempersatukan dunia politik Polandia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Obrolan