Breaking News
Loading...
Selasa, 13 April 2010

Kabar Jawa Timur

SURABAYA (Bisnis.com): Berikut adalah berita-berita yang menjadi sorotan sejumlah media massa yang beredar di wilayah Jatim antara lain tersumbatnya akses ke lokasi wisata Gunung Bromo akibat longsor, muncul semburan lumpur baru di bahu jalan tol Surabaya-Porong.

PEDAGANG PASAR: Sebagian pedagang Pasar Keputran, Pasar Koblen, dan Pasar Peneleh berunjuk rasa di depan Gedung DPRD Surabaya, kemarin.  Mereka menuntut penggusuran untuk dialihkan lokasi baru di Pasar Osowilangun, Surabaya Barat, ditunda hingga ada dialog dengan Pemerintah Kota Surabaya.  (Kompas Jawa Timur)

JAKSA PEMERAS: Tim Pengawasan Kejaksaan Tinggi Jawa Timur segera melapor ke Kejaksaan Agung berkaitan dengan dugaan pemerasan oleh jaksa RN terhadap Jeanette Austin Yanny Darmayanti, 32.  Laporan diserahkan setelah Tim Pengawasan meminta keterangan kepada kedua pihak secara terpisah.  (Kompas Jawa Timur)

MOBIL BEKAS: Pendapatan Pemerintah Kota Malang dari hasil penjualan mobil dan kendaraan dinas bekas pakai jumlahnya cukup fantastis. Tiga bulan pertama 2010 ini saja jumlahnya mencapai setengah miliar, Rp576,5 juta. (Kompas Jawa Timur)

BROMO TERGANGGU: Akses jalan ke wisata Gunung Bormo di Kab. Probolinggo, kemarin terganggu. Sebab ruas jalan di Dusun Jurangprahu, Desa Wonokerto, Kec. Sukapura, tertimbun longsoran tanah dari tebing disisinya, tepat sebelum jembatan Jurangprahu, dari arah Probolinggo. (Jawa Pos)

TERMINAL KUMUH: Terminal angkutan kota (angkot) yagn selama ini terkesan kumuh mulai dibenahi Pemkot Surabaya. Sejak awal tahun, Dishub Surabaya menggarap sejumlah pembangunan, khususnya pembuatan taman dan pemagaran di terminal Manukan dan Balongsari, di Surabaya Barat. (Jawa Pos)

KISRUH PAJAK: Kisruh pajak tidak hanya terjadi di tingkat pusat. Di Sidoarjo, Handoko (50), pengusaha diler UD AI Handoko Motor, mengatakan terkena kasus pajak, pada 2005-2006. Dia sudah membayar Rp20 juta pada Maret 2007, sesuai pemeriksaan petugas selama 3 bulan sebelumnya, namun dianggap belum, bahkan pada 2008 diminta membayar kembali sebesar Rp725 juta. (Jawa Pos)

SEMBURAN BARU: Semburan lumpur baru di Porong, Sidoarjo, terus memunculkan dampak berbahaya, baik di pemukiman maupun di area publik.  Kemarin, semburan baru muncul di bahhu jalan Raya Porong, bahkan aspal terdorong ke atas akibat besarnya tekanan dari bawah. (Jawa Pos)

INVESTOR BELGIA: Sebuah perusahaan di Belgia serius memburu dolomit dan hortikultura di wilayah Sedayu, Gresik. Untuk dua proyek itu, PT Lhoist Industrie SA akan mengucurkan dana US$3 miliar atau sekitar Rp30 triliun. Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan nilai investasi itu lebih dari empat kali lipat APBD Jatim yang hanya Rp7,8 triliun. (Harian Surya)

RELOKASI INDUSTRI: Tiga perusahaan sepatu asal Taiwan dan Thailand berancang-ancang merelkasi pabrik ke Jawa, pertemgahan 2010.  Ketiga produsen merek New Balance, Nike, dan Adidas itu, diprediksi akan menyerap lebih dari 30.000 tenaga kerja lokal. Dirjen Industri Logam Mesin Elektronika Tekstil dan Aneka (ILMETA) Kemenperin Ansari Bukhari mengatakan proyek tersebut dalam tahap survei. (Harian Surya)

SPEKULAN SURAMADU: Terganjalnya pengembangan wilayah di sekitar Jembatan Suramadu disikapi serius Pemprov Jatim, dengan membentuk tim khusus pembebasan tanah. "Tim khusus yang terdiri dari sejumlah stakeholder yang ada segera kami bentuk, karena semua problem investasi terhambat di masalah pemebebasan tanah itu," kata Guernur Soekarwo, kemarin.  (Harian Surya)

PRODUKSI MIGAS: Target produksi minyak Jatim sebanyak 165.000 barel pada 2013 terancam tidak tercapai.  Penyebabnya, Mobil Cepu Limited (MCL) kesulitan membebaskan lahan yang dibtuhkannya seluas 600 hektare.  Wakil Kepala BP Migas Hardiono mengatakan hal tersebut usai menghadap Gubernur Soekarwo, bersama 12 perusahaan KKKS, kemarin.  (Radar Surabaya)

PEJABAT BPN KORUPSI: Kejaksaan Negeri Surabaya terus mengembangkan penyelidikan kasus penyalahgunaan perpanjangan sertifikat hak guna bangunan (HGB) di atas hak pengelolaan lahan (PL) PT SIER, yang merugikan negara Rp629 juta.  Kemarin, giliran para pejabat dari BPN pusat yang diperiksa, terkait dugaan korupsi di Kantor BPN Surabaya II.  (Radar Surabaya)

ANIMO SAHAM: Transaksi saham di Malang menunjukkan kecendeurngan main marak, sejalan dengan emnguatanya stabilitas ekonomi nasional beberapa waktu terakhir.  Venus Perdana, eksekutif PT Reliance Sekuritas Malang, yakin transaksi saham di Malang secara keseluruhan bisa melampaui Rp2 triliun per bulan. (Bisnis INdonesia Jatim & Bali)

PEMBIAYAAN OTOMOTIF: Realisasi pembiayaan Astra Credit Companies (ACC) untuk pembelian otomotif di Surabaya mencapai 120% dari proyeksi awal tahun ini, sebesar 600 unit.  Besaran kucuran kredit pembiayaan antara Rp80 juta - Rp100juta per unit. (Bisnis Indonesia Jatim & Bali)

APBN UNTUK JLS: Proyek jalur lingkar Selatan (JLS) Jawa Timur tahun ini akhirnya menerima realisasi kucuran dana APBN Rp100 miliar yang kedua, setelah 2009, jumlah yang sama juga sudah diserap oleh proyek senilai Rp6 triliun tersebut.  Panjang JLS yang melintasi Kab. Malang adalah yang terpanjang, yakni 124 km, dibandingkan tujuh kabupaten lainnya di Jawa Timur. (Bisnis Indonesia Jatim & Bali)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Obrolan