Breaking News
Loading...
Selasa, 20 April 2010

Letusan Gunung Islandia, Pengusaha RI Tunda Perundingan Bisnis


Letusan gunung Islandia (Reuters)
Jakarta - Letusan gunung Eyjafjallajokull di Islandia yang mengganggu penerbangan di Eropa turut mengganggu kegiatan bisnis para pengusaha Indonesia. Jadwal pertemuan pebisnis RI dan Eropa pun banyak yang tertunda hingga sepekan lebih.

Bahkan ada beberapa pengusaha Indonesia yang sebelumnya bertandang ke Eropa harus terjebak berhari-hari di Eropa.

"Sekarang ini perundingan-perundingan bisnis ditunda dulu," kata Pjs Ketua Umum  Kadin Adi Putra Tahir saat dihubungi detikFinance, Selasa (20/4/2010).

Selama beberapa hari terakhir, ia mengaku banyak mendapat laporan dari para pengusaha Indonesia yang masih terjebak di Eropa, tidak bisa pulang ke Tanah Air. Namun kata dia dari sisi aktivitas barang tidak akan mempengaruhi pelaku bisnis karena barang-barang di kirim melalui kapal laut.

"Banyak yang lapor ke saya, nggak bisa pulang," ucapnya.

Jumlah WNI yang terjebak di Eropa relatif cukup banyak, misalnya ada sekitar 90 orang WNI terdampar di 3 bandara di Jerman dan tidak bisa pulang ke Indonesia. 80 Orang di Dusseldorf, 6-8 orang di Frankfurt dan 2 di Berlin. Belum lagi di beberapa negara Eropa lainnya seperti di Bandara London Inggris dan lain-lain.

Awan abu akibat letusan gunung berapi di Islandia telah menyebabkan ribuan penerbangan Eropa dihentikan sejak Rabu, 14 April 2010 lalu. Menurut para pakar penerbangan, abu vulkanik tersebut bisa menyebabkan mesin jet mati dan mengganggu jarak pandang pilot.

Namun pada Selasa ini, sejumlah penerbangan mulai lagi terbang di Eropa secara bertahap. Misalnya Air France yang sudah beroperasi normal pada Selasa ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Obrolan