Breaking News
Loading...
Sabtu, 01 Mei 2010

Tips Blog: Gunakan Kotak Search dari Google

Sebenarnya ini adalah tips ringan, tetapi memberikan dampak yang sangat besar. Ketika saya berkelana di berbagai blog ada ada saja masalah mengenai template (walau blog saya juga masih jelek kok). Nah, salah satunya adalaha kotak search. Yang parah adalah kotak sarch yang tak berfungsi, ada lagi kotak search bawaan template yang jika ketikkan keyword dan kita 'enter' untuk mendapatkan hasilnya, eh bukannya hasil yang di dapat malah redirect ke situs pembuat template. (Untuk masalah ini saya punya solusi, Baca: Search di Fresh Magazine Tak Berfungsi).

Dan untuk yang sama-sama berfungsi pun saya menyarankan Anda mengganti kotak search bawaan template Anda dengan kotak search dari google.
Jika Anda perlu bukti, coba Anda masukkan keyword terserah Anda. Misalnya Anda masukkan kata 'link' di kotak search saya dan cari. Biarkan dulu halaman saya. Lalu Anda ketikkan suatu keyword di halaman blog Anda (di kotak search asli template) nah tekan enter untuk mencari. Bandingkan hasil yang di dapatkan....

Untuk lebih mudahnya saya tampilkan dua gambar berikut ini:
Berikut gambar hasil pencarian dari kotak search bawaan template
Keterangan: Awalnya kotak search akan menampilkan hasil pencarian dengan dilengkapi isi postingan. Tapi jika hasil temuan banyak tentu kurang bagus dan tak terlihat semuanya apalagi yang belum menggunakan readmore.

BErikut ini yang sudah dimodifikasi:
Akan menampilkan hasil pencarian seperti ini

Keterangan: Ini sama dengan yang pertama, hanya saja cuma menampilkan judulnya saja sehingga memuat lebih banyak hasil.

Tapii.... ada kelemahan besar pada kedua model di atas. Ketika Anda mengetikkan suatu keyword tertentu maka hasilnya kadang tidak menunjukkan keyword itu di judul artikel pada hasil pencarian. Lihatlah hasil pencarian di atas dengan keyword link. Hasilnya banyak sekali judul yang tidak memuat kata link. Padahal orang mengetikkan suatu keyword dan mencarinya bertujuan untuk melihat kata yang ia cari. Nah, kalau hasilnya saja tercampur dengan hasil lain yang tak diinginkan tentu pembaca akan malas.

Nah, akhirnya disinilah saya menyarankan Anda menggunakan kotak search google yang akan menampakkan hasil seperti ini. Coba saja di blog saya

Hasilnya sangat pas dan tepat sasaran. Keyword yang kita ketikkan bercetak tebal. Ada rangkuman artikel yang telah dirangkum otomatis. Desain simpelyang justru memberikan jawaban danmemuaskan pembaca.

Anda sudah mulai menangkap maksud saya bukan? Bagi yang ingin menggunakan kotak search ini langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini:
1. Login ke blogger
2. Tata Letak
3. Elemen Halaman
4. Add Gadget (Pilih posisi yang jelas terlihat pembaca, biasanya kotak search di kanan atas)
5. Pilih Kotak Penelusuran
6. Klik Simpan

Mudah sekali bukan tetapi dampaknya sangat besar sekali.... Semoag bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Obrolan