Breaking News
Loading...
Senin, 03 Mei 2010

Mulai Besok, UASBN Diikuti 4,42 Juta Siswa SD

JAKARTA (Pos Kota) – Sebanyak 4.428.797 murid Sekolah Dasar (SD) yang akan mengikuti Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) pada 4-6 Mei 2010. Untuk itu, materi soal  sudah siap di sekolah pada H-1 atau hari Senin (3/5).
Mendiknas Muhammad Nuh, mengungkapkan soal-soal sudah sejak Jumat lalu siap dan dialirkan kesekolah-sekolah yang akan melaksanakan ujian ini.
“Hanya saja soal UASBN ini sekitar 25 persennya saja dibuat oleh pusat, sisanya dikembangkan oleh masing-masing daerah dengan standar yang sudah ditetapkan oleh pusat,” katanya, Senin (3/4).
Kisi-kisi soal UASBN pada SD/MI ini, menurut Mendiknas, mengacu kepada penalaran sesuai dengan umur usia SD. “Oleh karena itu persiapan siswa dengan belajar dari materi yang sudah diajarkan seperti Bahasa Indonesia misalnya, siswa bisa menjawab pertanyaan apa, bagaimana, mengapa, dimana bisa menentukan latar cerita atau menceritakan kembali dari soal cerita serta menggunakan ejaan Yang disempurnakan (EYD),” lanjutnya.
Untuk kisi-kisi Matematika misalnya, siswa diharapkan mampu menentukan hasil operasi hitung penjumlahan, pengurangan pada bilangan cacah serta menyesaikan soal cerita. Untuk IPA,  siswa bisa menentukan ciri mahluk hidup tertentu.
Mendiknas  menegaskan, UASBN sesuai dengan amanat dan peraturan pemerintah (PP) no 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan (SNP).
Selain itu, UASBN juga diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional no 74 tahun 2009  yang menyatakan bahwa  UASBN terintegrasi dalam pelaksanaan ujian sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Obrolan