Breaking News
Loading...
Senin, 07 Januari 2013

Sejarah Perkembangan Fuzzy Logic


Fuzzy Set pertama kali diperkenalkan oleh Prof. Lotfi Zadeh, 1965 orang Iran yang menjadi guru besar di University of California at Berkeley dalam papernya yang monumental “Fuzzy Set”.
Dalam paper tersebut dipaparkan ide dasar fuzzy set yang meliputi inclusion, union, intersection, complement, relation dan convexity.
Lotfi Zadeh mengatakan Integrasi Logika Fuzzy kedalam sistem informasi dan rekayasa proses adalah menghasilkan aplikasi seperti sistem kontrol, alat alat rumah tangga, dan sistem pengambil keputusan yang lebih fleksibel, mantap, dan canggih dibandingkan dengan sistem konvensional. Dalam hal ini kami dapat mengatakan bahwa logika fuzzy memimpin dalam pengembangan kecerdasan mesin yang lebih tinggi ( machine Intelligency Quotient / MIQ ) Produk produk berikut telah menggunakan logika fuzzy dalam alat alat rumah tangga seperti mesin cuci, video dan kamera refleksi lensa tunggal, pendingin ruangan, oven microwave, dan banyak sistem diagnosa mandiri.
Pelopor aplikasi fuzzy set dalam bidang kontrol, adalah Prof. Ebrahim Mamdani dkk dari Queen Mary College London. (masih dalam skala lab)
Penerapan secara nyata di industri banyak dipelopori oleh para ahli dari Jepang misalnya Prof. Sugeno dkk dari Tokyo Institute of Technology.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Obrolan