Breaking News
Loading...
Senin, 07 Januari 2013

Membuat Sistem Minimum Atmega8535


sistem minimum adalah rangkaian minimal dimana chip mikrokontroler dapat bekerja. Mikrokontroler Atmega8535 telah dilengapi dengan osilator internal, sehingga tidak diperlukan kristal atau resonator ekternal untuk sumber clock CPU.

Namun osilator ini maksimal 8Mhz jadi saya sarankan untuk tetap memakai kristal eksternal. Osilator internal oleh pabriknya disetting 1 Mhz , dan untuk merubahnya kita perlu merubah setingan Fuse bit, untuk pengaturan fuse bit perlu berhati-hati, sebab pengaturan ini begitu rawan  karena bila salah menyetingannya bisa menyebabkan mikrokontroler rusak, saya telah merusakkan 1 mikrokontroler. 

Sistem minimum AVR sangat sederhana dimana hanya menghubungkan VCC dan AVCC ke +5V dan GND dan AGND ke ground serta pin reset tidak dihubungkan apa-apa (diambangkan) . Chip akan reset jika tegangan nol atau pin RST dipaksa nol. ini merupakan sistem minimum tanpa memakai kristal. Untuk yang memakai kristal rangkaian diatas ditambah kristal pada pin XTAL1 dan XTAL2. Berikut sistem minimum yang memakai kristal(saya sarankan membuat yang pakai kristal)
rangkain diatas merupakan sistem minimum yang dipakai untuk mengendalikan LED. rangkaian diatas tinggal di trace bisa menggunakan deeptrace, eagle, proteus, atau program lainnya yang anda kuasai. Bagi yang malas bisa download trace buatan saya, softrware yang saya pake deeptrace 2009.

berikut tampilan sistem minimum dalam deeptrace
Untuk prgram dan cara pengisian program saya jelaskan pada postingan berikutnya. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Obrolan