Breaking News
Loading...
Senin, 07 Januari 2013

Cara merakit rangkaian Sismin (Sistem Minimum) ATMEL ATMEGA16


Sismin merupakan sebuah alat elektronika yang di gunakan untuk sistem minimum dari IC Atmel ATMega16. Dalam membuat rangkaian sismin, yang harus di perhatikan adalah membuat layout jalur rangkaian dengan menggunakan komputer yang nantinya akan di print menggunakan laser jet sebagai bahan untuk mencetak ke pcb.
Setelah di print, siapkan alat dan bahan berupa pcb polos, autan, air, gambar rangkaian yang sudah di print tadi, gunting, coin, plastik transparan, wadah. Jika bahan tersebut sudah di siapkan, hal pertama yang harus di lakukan adalah mencampur autan dengan air yang sudah di tuang ke dalam wadah, pastikan jangan terlalu banyak air dan larutan sudah menyatu dengan air. Gunting gambar rangkaian yang sudah di print tadi sesuai ukuran gambar, kemudian oleskan bagian yang terdapat gambar dengan air larutan tadi, kemudian tempelkan kertas tadi ke bagian pcb yang terdapat tembaganya, lalu ratakan kemudian alasi bagian atas kertas dengan plastik, setelah itu gosok kertas tersebut dengan coin yang sudah di siapkan sampai benar-benar tertempel dengan pcb. Jika langkah tersebut sudah di lakukan, lepas kertas tadi secara perlahan agar tidak terlepas jalur yang sudah di tempel tadi dan bersihkan sisa kertas yang masih tersisa pada pcb.
Sesudah melakukan langkah yang ada di atas, kemudian siapkan alat dan bahan yang di perlukan untuk etching (melelehkan tembaga) yang berupa wadah, cairan HCl (1 tutup botol) + H2O2(2 tutup botol) + H2O (4 tutup botol), pcb yang sudah di cetak, serta tak lupa alat keselamatan berupa sarung tangan dan masker. Gunakan alat keselamatan terlebih dahulu sebelum memulai etching, lalu tuang cairan tadi yang sudah di siapkan dan tuang ke dalam wadah. Setelah itu masukkan pcb ke dalam wadah dengan tembaga cetakan gambar menghadap ke atas, lalu goyangkan secara perlahan hingga pcb yang tak terkena cetakan tadi luntur atau meleleh. Jika sudah, angkat pcb tersebut kemudian cuci dengan air bersih.
Siapkan mini drill dengan mata bor 0,8mm, amplas halus, dan pcb yang telah di etching. lalu amplas pcb dengan amplas halus yang di tujukan untuk menghilangkan tinta cetakan, kemudian bor pcb sesuai lubang yang telah di buat pada cetakan. Jika sudah di bor, bilaskan dengan air untuk menghilangkan serbuk akibat pengeboran tadi.
Setelah itu, siapkan komponen yang di butuhkan seperti single pin header, double pin header, IC ATMEL ATMega16, 2 resistor 220ohm dan 2 resistor 1Kohm, kapasitor keramik 20pF dan 2 kapasitor keramik 10pF, kapasitor elco 47uF/25V dan 100uF/25V, 2 socket IC 40 kaki, 2 LED, push button, dioda bridge, IC regulator, trimpot. Pasang komponen sesuai dengan skema yang telah dibuat sebelumnya.Gunakan solder dan timah untuk menghubungkan antar komponen dengan jalur yang dibuat tadi.
Jika sudah di solder, lakukan pengecekan menggunakan AVO Meter untuk mengetahui terjadi short atau tidak pada rangkaian tersebut. Jika terjadi short, lakukan perbaikan sementara agar rangkaian dapat berfungsi. Jika tidak dapat berfungsi, lakukan pengecekan pada komponen. Jika ada, gantilah komponen tersebut dengan yang baru.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Obrolan