Breaking News
Loading...
Kamis, 19 November 2009

Great Blue Hole, Belize

Fenomena geografis yang luar biasa ini dikenal sebagai “blue hole” terletak 60 mil di bagian daratan Belize. Terdapat banyak “blue hole” di seluruh dunia, tetapi tidak seperti yang menakjubkan ini. Permukaan diameter lubang adalah 0,25 mil, dengan kedalaman mencapai 145 meter. Great Blue Hole adalah nama sebuah tempat di negara Belize dimana seperti namanya tempat tersebut terlihat seperti sebuah lubang di dalam laut jika dilihat dari atas.

Great Blue Hole menurut National Geographic, ditemukan di laut Belize negara kecil di pesisir Timur Amerika Tengah, dahulu disebut Honduras Britania hingga 1973, Belize adalah bekas jajahan Britania Raya selama lebih dari satu abad. Nama "Belize" diambil dari Sungai Belize memiliki kedalaman 480 feet atau 146 meter.

Great Blue Hole sebelum terbenam air seperti sekarang ini, dulunya adalah sebuah gua. Terletak di dekat pusat kota Lighthouse Reef, atoll kecil 100 kilometer (62 mil) dari daratan dan Belize City. Lebarnya lebih dari 300 meter (984 kaki) dan dalamnya 125 meter (410 kaki). Great Blue Hole terbentuk sebagai sistem gua kapur selama masa yang dingin sekali ketika laut ada di tingkat yang lebih rendah.

Selama jutaan tahun Blue Hole adalah sebuah gua kering yang besar stalaktit dan stalagmit perlahan-lahan terbentuk. Ketika zaman es terakhir berakhir ribuan tahun yang lalu, permukaan air laut naik untuk menutupi gua. Ini terlihat ketika penyelaman dimana tersisa dari langit-langit tua sisa stalaktit dan stalagmit.

Sebuah gempa bumi besar menyebabkan langit-langit gua runtuh membentuk lubang dan membuat efek miring Lighthouse Reef ke sudut sekitar 12 derajat. Bukti untuk hal ini adalah adanya batu kapur yang menjadi interior lengkap disekeliling Blue Hole. Yang pertama berada ditepian sedalam 150 dan 165 meter (45-50 meter).

Ketika menyelam lebih dalam ke Blue Hole, air dan pemandangan lebih menakjubkan, stalaktit dan formasi batu gamping yang membentuk tembok menjadi lebih kompleks dan intens. Di sisi barat pada kedalaman 230 kaki (70 meter), ada pintu masuk melalui terowongan yang sempit ke dalam gua besar. Kegelapan total, stalaktit, stalagmit, dan kolom ada di dunia tidak terganggu. Lantai ditutupi dengan endapan lumpur yang sangat halus Di sudut terjauh, lorong sempit yang lain mengarah ke atas ke dalam sebuah gua dan 2 lainnya mengarah ke 3 gua lainnya. Sebagian dari terowongan diperkirakan dapat dihubungkan langsung ke daratan, meskipun tidak pernah secara meyakinkan terbukti. Daratan juga memiliki banyak lubang berisi air yang terhubung ke gua-gua dan terowongan. Studi Robert F. Dill dan penyelam dari Yayasan Cambria pada tahun 1997 tidak ada oksigen di dekat bagian bawah, dan hidrogen sulfida mencegah penghuni bawah dari menggali dan mengganggu sedimen. Analisis pendahuluan core pendek berfluktuasi menunjukkan serbuk sari, spora, merkuri, dan tingkat arsen berkisar antara 15 dan 21 ppm (bagian per juta). Peristiwa-peristiwa lain dicatat dalam core pendek termasuk angin ribut atau badai besar lapisan. Badai lapisan berwarna terang dan indah dilaminating. Air tidak beredar secara bebas di Blue Hole, sehingga ada sedikit kehidupan laut di bawah kedalaman dangkal. Di perairan yang lebih dalam Blue Hole, seseorang mungkin melihat penampakan dari hiu langka. Gua besar penuh dengan stalaktit dan stalagmit di tingkat kaki 150 - beberapa mulai dari yang luar biasa 30-40 kaki (9-12 meter) lebih 10 kali panjang dan 5 kaki (1,5-3 meter) dalam diameter. Suhu pada kedalaman 130 kaki (40 meter) adalah sekitar 76 derajat F (24 C) sepanjang tahun. Lighthouse Reef, sebuah atol sekitar 25 mil panjang dan 10 lebar 12 mil, memiliki khas laguna yang tertutup. Kedalaman laguna ini bervariasi 5-25 kaki (1,5-7,5 meter), di mana banyak tersebar formasi terumbu karang yang dikenal sebagai patch yang ditemukan di dalam. Dekat ke The Blue Hole, yang Half Moon Caye Monumen Alam meliputi 10.000 hektar dari atol dan 15 mil persegi perairan sekitarnya.

Great Blue Hole ini dibuat terkenal oleh Jacques-Yves Cousteau yang menyatakan salah satu dari sepuluh situs scuba diving di dunia. Pada tahun 1971, ia membawa kapal, Calypso, ke lubang untuk penyelidikan yang mana ekspedisi ini mengukuhkan asal lubang sebagai formasi batu kapur karst yang khas, dibentuk sebelum naik di permukaan laut di setidaknya empat tahap, meninggalkan tepian pada kedalaman 21, 49 dan 91 meter (69, 161 dan 299 ft). Stalaktit yang diambil dari gua-gua terendam, membenarkan pembentukan mereka sebelumnya di atas permukaan laut. Beberapa stalaktit ini juga off-vertikal sebesar 10 ° -13 ° secara konsisten orientasi, dengan demikian menunjukkan bahwa ada juga telah beberapa pergeseran geologi masa lalu dan memiringkan dataran tinggi yang mendasarinya, diikuti oleh periode panjang di pesawat saat ini.

Blue Hole ini sangat terkenal di dunia, khususnya di kalangan penyelam dunia yang ingin melihat isi blue hole hingga ke dasarnya. Para penyelam oleh agen wisata setempat akan dibawa ke lokasi menggunakan pesawat kecil dari lapangan udara San Pedro, 72 km dari lokasi. Dari ketinggian 3.963 meter, para penyelam dapat langsung terjun ke dalam Blue Hole. Petulangan mendebarkan ini sangat disukai para penyelam yang biasanya datang secara berombongan.

Great Blue Hole dilindungi oleh Belize Audubon Society yang merupakan Belize Monumen Nasional dan menjadi situs Warisan Dunia pada tahun 1997.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Obrolan