Breaking News
Loading...
Kamis, 14 Maret 2013

Membentengi Remaja Dari Krisis Akhlak

Akhir-akhir ini setiap hari  media televisi menyiarkan beberapa pejabat yang sedang ditimpa masalah, mulai dari kasus narkoba sampai korupsi. Bahkan ada juga petinggi sebuah partai yang dijadikan tersangka kasus korupsi. Melihat perkembangan seperti ini wajah Indonesia tergambar dengan jelas betapa merosotnya akhlaknya sebagian ummat Islam. Kemerosotan moral juga terjadi terutama dikalangan remaja. Sementara pembendungannya masih berlarut-larut dan dengan konsep yang tidak jelas alias "lemot poll".

Sebagai publik figur yang (katanya) di anggap banyak orang sebagai "panutan" kok bisa-bisanya menipu rakyat kecil. Mereka ndak ada bedanya seperti "maling" yang suka sembunyi-sembunyi mengambil hak orang lain. Hanya saja ke"maling"an mereka sedikit rapi dan halus tapi hakikatnya sama. Rusaknya moral ini menurut saya tidak lepas dari beberapa upaya-upaya niat jahat yang berasal dari luar yang mana dengan sengaja menebarkan penyakit moral kepada semua elemen masyarakat khususnya para remaja. 

Parahnya lagi dengan kondisi yang seperti ini, aparat dan tokoh masyarakat seolah-olah enggan ndak mau ngurusi. Mereka malah membela dan memanfaatkan demi kepentingan pribadinya, akhirnya "maling" itu tidak tersentuh oleh hukum. Lebih hebat lagi vonis yang di jatuhkan sangat ringan ketimbang "maling yang sesungguhnya". Miris sekali ketika saya melihat pemberitaan seperti ini di layar televisi, dengan santainya "maling" tersebut memberikan keterangan yang seolah-olah tidak pernah terjadi.

Ya Allah .... betul-betul sudah akhir jaman, Banyak petinggi yang mukanya sudah tidak punya malu. Disamping itu banyak pula pemuda yang mengkonsumsi narkoba, prostitusi merajalela, skandal sex remaja sudah menjadi konsumsi di dunia maya. Banyak sekali para pemuka agama memberikan petuah-petuah dan siraman rohani setiap hari, tapi kenapa justru kemerosotan akhlak remaja makin tinggi ? Apakah ini gejala akan kiamat sudah dekat ? Mungkin juga....karena saya pernah membaca akhir jaman kondisinya memang seperti ini.

Allah SWT berfirman : "Sesungguhnya engkau (wahai Muhammad) berada pada akhlak yang agung ".(Q.S Al-Qolam :4) Rasulullah SAW sendiri bersabda : "Aku diutus untuk menyempurnakan Akhlak". Lebih dari itu beliau menempatkan muslim yang paling tinggi derajatnya adalah yang paling baik akhlaknya. "Sesempurna-sempurna iman seseorang mukmin adalah mereka yang paling bagus akhlaknya" (H.R Muslim)

Begitu pentingnya akhlak bagi generasi muda, sangat tepat jika kita kembali merenungi Ayat dan Hadits diatas.

"Suatu bangsa sangat ditentukan kualitas akhlak-nya, jika akhlak sudah rusak hancurlah bangsa tersebut." 

Sebetulnya kita masih berpeluang jika kita bersungguh-sungguh untuk membentengi generasi muda dari kemerosotan akhlak, yaitu dengan cara meramaikan masjid-masjid, membimbing putra-putri dalam pergaulan sehari-hari, memberikan rasa tanggung jawab untuk menunaikan sholat dan kegiatan keagamaan dan lain-lain. Insya Allah rumah tangga kita khususnya dan negara kita umumnya di jauhkan dari berbagai cobaan dan yang pasti Allah Swt akan memberikan Hidayah Nya kepada kita.


Source : http://sweet-myheart.blogspot.com/2013/02/membentengi-remaja-dari-krisis-akhlak.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer
Obrolan